Sejarah Dan Konsep Internet

Sejarah Dan Konsep Internet - Tutorial blog ini menjelaskan sedikit tentang konsep internet dan sejarah internet, Sejarah Internet berasal dari impian JCR Licklider's (1915 - 1990), seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology, dari Galactic Network di awal 1960-an. Kemudian, ketika Licklider bekerja pada Advanced Research Projects Agency (ARPA) di Pentagon, Lawrence G. Robert berusaha untuk mencapai impian mereka.

history and concept of internet


Meskipun pertemuan antara Licklider dan Robert terjadi pada tahun 1964, Robert tidak benar-benar berkonsentrasi pada pengembangan internet mulai bulan Desember 1966. Robert mulai menggambarkan jaringan rencana konferensi peneliti. Akhirnya, Internet dikembangkan dalam penyelidikan militer Amerika yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANet). ARPANet menghubungkan pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat penelitian di universitas di Amerika. Tujuannya adalah untuk menghadapi kemungkinan serangan nuklir karena sifat dari jaringan internet tidak mudah di nonaktifkan hanya dengan menghancurkan satu titik pusat layanan. Jika salah satu titik serangan, sistem jaringan tetap bisa berfungsi. sistem pencarian Internet memiliki rute protokol dan alternatif untuk aliran data dan informasi.
Beberapa elemen kunci disumbangkan oleh para peneliti ARPANet seperti Leonard Kleinrock dan Paul Baran Amerika Serikat dan Donald W. Davies dari Inggris. Masing - masing melakukan pendekatan untuk switching paket merupakan solusi bagi berbagai kendala bandwidth. Caranya adalah dengan membagi pesan yang akan ditransmisikan ke dalam paket data kecil dan mengirimkannya melalui kabel yang sama. Sementara itu, Robert meminta bantuan Vinton G. Cerf dan Robert E. Kahn untuk mengembangkan sebuah protokol jaringan kontrol yang berfungsi mengatur rencana packet switching kekacauan.
Pada akhir 1970-an, mereka berhasil memperbaiki Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP / IP) yang masih digunakan sampai sekarang. Sebaliknya, untuk perakitan perangkat keras pertama ARPANet, Robert memilih Bolt, Beranek dan Newman (BBN) untuk membuat jaringan saklar pertama dan membangun server jaringan pertama di kawasan pantai timur pada tahun 1970. Inovasi berikutnya yang dilakukan oleh Ray Tomlinson dari BBN yang membuat program e-Mail pada tahun 1971
Perkembangan teknologi internet telah surut sampai tahun 1990-an gema internet lagi meletus, dan menjadi populer lagi sejak tahun 1995 dengan peningkatan yang ditandai dalam domain komersial drastis dan jaringan World Wide Web (WWW)

Konsep Internet

Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Melalui internet, siapa pun bisa leluasa mengakses beracam macam informasi dari berbagai tempat. informasi diakses dapat berupa teks, grafik, suara, dan video. jaringan internet juga dapat berfungsi sebagai sebuah konferensi media dan berhadapan satu sama lain secara langsung hanya melalui layar komputer masing-masing.
Siapa saja yang terhubung ke jaringan internet dapat memperoleh atau memberikan informasi. Hal ini karena internet menyediakan fasilitas untuk memungkinkan lebih banyak berbagi informasi yang diakses
Di Indonesia, internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 di Universitas Indonesia dalam bentuk UINet oleh Dr Joseph FP Luhukay. Jaringan ini kemudian berkembang menjadi Jaringan Universitas (UNINET) dalam Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. UNINET adalah jaringan komputer dengan cakupan yang lebih luas dan termasuk UI, ITB, IPB, UGM, ITS, Universitas Hasanuddin, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Siapa yang memiliki internet? Ada internet yang dimiliki seseorang, tetapi ada lembaga yang memantau dan mengelola Internet. Badan ini adalah The Internet Society, sebuah kelompok nirlaba yang didirikan pada tahun 1992 dan ditugaskan untuk menulis aturan protokol yang digunakan di Internet

catatan: posting ini diambil dari beberapa sumber, dan buku tentang internet

Pin It!

fb comment box

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►