Kamus Istilah Blogger (W-S)

dictionaries bloggers

WordPress Plugin: kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan perangkat lunak, dalam hal ini adalah WordPress. Ada ribuan plugin WordPress yang telah dibuat, dengan fungsi yang sangat beragam.

Pro Blogger: Nama panggilan untuk seorang blogger profesional yang mendapatkan uang melalui blogging dan hidup dari pendapatan yang ia terima dari aktivitas blogging.

RSS: pendek untuk Really Simple Syndication. RSS adalah suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs diperbarui secara teratur. Sebuah dokumen RSS (yang disebut feed) berisi ringkasan ataupun keseluruhan konten dari sebuah situs. Keuntungan terbesar menggunakan RSS adalah sebuah situs memungkinkan pengunjung untuk tetap terhubung ke situs favorit mereka tanpa harus mengunjunginya secara online. Bila Anda berlangganan RSS Feed, secara otomatis Anda akan menerima update bila konten situs adalah situs relevan mempublikasikan konten baru.

Scraper: Seseorang yang menyalin konten dari sumber lain (baik situs atau blog) dan mempublikasikannya di blog sendiri, dengan atau tanpa memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin dari penulis asli. Scraper bisa dilakukan secara manual atau secara otomatis dan biasanya menggunakan tool scraping RSS feed. Scraper jelas merupakan pelanggaran hak cipta.

Splog: Blog hanya digunakan untuk mempublikasikan spam konten-konten. Splogs biasanya berisi teks yang dikopi dari sumber lain, dikombinasikan dengan link ke situs-situs ilegal, minuman keras narkoba dan perjudian.

SEO: pendek untuk optmization mesin pencari. SEO melibatkan sejumlah kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian mesin pencari (terutama Google). Ada dua jenis kegiatan yang dilakukan, yaitu: optimisasi on-page, yakni mengoptimalkan penggunaan tag dan konten situs, dan optimasi off-page, yakni mengoptimalkan faktor-faktor eksternal seperti jumlah dan kualitas backlink, teknik promosi, dan lain.

SERP: pendek untuk halaman hasil pencarian mesin. Bila Anda mencari kata kunci melalui mesin pencari Google, Anda akan mendapatkan 10 halaman hasil pencarian yang cocok dengan kata kunci pencarian Anda. Halaman yang disebut SERP.

Social Bookmarking: Juga disebut agregator sosial atau bookmark masyarakat. Social Bookmarking adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk mencari, mengirimkan, menyebarluaskan dan memberikan suara pada sebuah artikel dari Internet. Situs yang paling populer bookmark sosial Digg.com, Reddit.com, StumbleUpon.com dan del.icio.us.

Social Media: Sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs dan aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi sosial dalam (dalam bentuk teks, gambar, suara, video atau kombinasi dari semuanya). Contoh situs social media adalah blog, forum online, social network, Wikipedia dan lain-lain.

Social Networks: Dalam dunia Internet, istilah ini mengacu pada jumlah situs dan aplikasi, dimana tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna yang memiliki minat yang sama dapat terhubung, berinteraksi dan berbagi. Contoh populer situs jaringan sosial MySpace.com dan LinkedIn.com. StumbleUpon: sebuah situs bookmark sosial populer yang bertujuan untuk memungkinkan para pengguna untuk menemukan situs baru dan menarik. StumbleUpon bekerja dengan menggunakan toolbar browser yang memungkinkan pengguna untuk memberikan suara dan mengklik tombol "Stumble!" Yang akan menampilkan sejumlah situs atau halaman web berdasarkan pilihan pengguna dan apa yang dia suara oleh pengguna lain.

Subscriber: Pengunjung yang berlangganan ke situs blog atau RSS feed sebuah situs atau berlangganan via email. Ketika situs ini update dengan konten baru, pelanggan akan menerima konten melalui RSS Reader atau melalui email. Perhatian web master dan blogger dengan jumlah pelanggan RSS karena ia merepresentasikan jumlah pembaca setia dan traffic pengunjung yang konstan.

Pin It!

fb comment box

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►