Apa Itu Sopa Dan Pipa

apa itu sopa dan pipa
Sopa adalah apa itu sopa dan pipa - SOPA adalah Stop Online Piracy Act dan pipa adalah Protec IP Act , Sopa dan pipa kedua nya adalah produk RUU amerika serikat yang bertujuan untuk melindungi hak cipta materi internet sehingga semua barang yang berupa digital seperti video , musik software dan lainnya akan dilindungi dari pembajakan. Kenapa sopa dan pipa diributkan ? , banyak orang yang meributkan sopa dan pipa karena tidak dipungkiri apabila sopa dan pipa diterapkan akan sedikitnya mengubah jalannya internet , karena sebagian besar situs besar berdomisili di amerika serikat maka akan ikut berlaku peraturan sopa dan pipa ini.

Banyak perusahaan internet besar bahkan terbesar menentang sopa ini , seperti google, facebook, twitter dll .

Kenapa sopa ditentang terutama oleh perusahaan besar internet maupun masyarakat internet pada umumnya , setidak nya ada 3 hal kenapa sopa ditentang .
  1.  Bila sopa diberlakukan maka otoritas setempat mempunyai kewenangan untuk memblokir situs yang menurut mereka merugikan .
  2.  Amerika serikat akan melakukan pemblokiran DNS untuk menyaring situs-situs yang melanggar ketentuan yang diatur oleh sopa sendiri
  3. Apabila peraturan ini diberlakukan  , kemungkinan besar negara-negara lain akan mengikuti cara amerika serikat ini

Dampak nyata peraturan ini sudah terlihat , anda bisa baca megaupload ditutup fbi , itu adalah salah satu situs yang terkena dampak dari sopa .

Itulah tadi sedikit penjelasan apa itu sopa dan pipa dan alasan kenapa sopa dan pipa diributkan maupun dikecam .

Pin It!

fb comment box

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►